5 Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Ilustrasi penderita asam lambung. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Berpuasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Namun bagi orang yang memiliki masalah asam lambung, tentu puasa menjadi tantangan besar yang harus dijalani.


Kendati begitu, sedikit penyesuaian dan perhatian khusus orang yang menderita asam lambung dapat berpuasa dengan nyaman selama bulan Ramadan.

Seperti dilansir dari laman Health Line, Senin (11/3/2024), berikut tips nyaman puasa bagi penderita asam lambung:

Pertama, Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Kedua, Pilih makanan yang tepat

Baca Juga  SURPRISE! Kapolda Sulteng Mendadak Kunjungi Rumah Jurnalis di Palu

Saat berbuka dan sahur, pilih makanan yang mudah dicerna dan tidak merangsang produksi asam lambung. Hindari makanan pedas, berlemak tinggi, asam, dan bersoda. Sebaliknya, pilih makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, dan vitamin.

Ketiga, Jaga Waktu Makan

Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak dalam satu waktu. Bagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dan konsumsi secara teratur selama waktu berbuka dan sahur.

Keempat, Hindari Minuman Kafein

Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya pilih air putih atau jus buah segar.

Kelima, Jangan Menunda Minum Obat

Jika Anda memiliki resep obat untuk mengontrol asam lambung, pastikan untuk minum sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter.

banner

Komentar