Hari Pertama Tahap Pendaftaran Capres-Cawapres, Polda Sulteng Siagakan 812 Personel

Kasatgasopsda Mantap Brata Tinombala 2023-2024 Kombes Pol. Richard Benson Pakpahan, SIK, MH. (Foto: Istimewa)


Palu Ngataku
– Kepala Satuan Tugas Operasi Daerah (Kasatgasopsda) Mantap Brata Tinombala 2023-2024 Kombes Pol. Richard Benson Pakpahan, SIK, MH mengingatkan personel Polda Sulteng untuk menjaga netralitas Polri dan tidak membuat pelanggaran sekecil apapun.

Hal itu disampaikannya saat memimpin apel perdana Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala 2023-2024 pagi ini di depan Mako Polda Sulteng, Kamis (19/10/2023).

“Hari ini Operasi Mantap Brata Tinombala dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dimulai,” ucap Kombes Pol. Richard Benson Pakpahan.

Pedomani cara bertindak masing-masing Satgas sebagaimana termuat dalam Rencana Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 yang sudah dibagikan, pinta Kombes Pol. Richard yang juga Dirsamapta Polda Sulteng.

Baca Juga  Meninggal Saat Bertugas, Polda Sulteng Berikan Santunan Kematian

Ia jua meminta kepada seluruh personel dalam Satgas untuk melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan berikut dokumentasinya melalui aplikasi SOT Presisi Polri.

“yang utama jaga kesehatan masing-masing personel, karena tahapan Pemilu 2024 ini cukup panjang atau selama kurang lebih 222 hari masa operasi Mantap Brata, ujarnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono, SIK, SH, MH mengatakan, pengamanan tahap pendaftaran dan penetapan pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 ini dilaksanakan selama 40 hari.

Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 hari ini dimulai, sebanyak 812 personel dilibatkan dalam pengamanan tahapan pendaftaran dan penetapan paslon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024, ujarnya.

Baca Juga  Atlet Taekwondo Polda Sulteng Sabet 6 Medali Emas dan 1 Perak Kejurnas CCOT

Masih kata Djoko, Dalam tahapan ini khusus Polda Sulteng menyiagakan 620 personel dan selebihnya personel yang dilibatkan dari Polres jajaran.

Walaupun tahapan pendaftaran dan penetapan paslon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024 konsentrasi kegiatannya di Jakarta, akan tetapi kita yang ada di wilayah bertugas menjaga dan memelihara situasi kondisi kamtibmas agar tetap kondusif.

Oleh karena itu diimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama Polri, TNI dan stakeholder terkait menjaga agar situasi dan kondisi Provinsi Sulawesi Tengah tetap aman dan kondusif, sehingga seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan sesuai harapan kita bersama yaitu Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur adil dan berintegritas, tutup Kabidhumas.

Baca Juga  Wakil Gubernur Terima Audiance Belasan Kepala Desa se-Kecamatan Pagimana

Komentar