Kabid Propam Mendadak Periksa Senpi dan Tes Urine Personel Ditresnakoba Polda Sulteng


Palu Ngataku
– Kabid Propam Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin bersama timnya melakukan inspeksi mendadak untuk memeriksa senjata api (senpi) dan menyelenggarakan tes urine bagi personel Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) di dan Polwan Polda Sulteng. Kegiatan ini berlangsung di halaman Mapolda Sulteng, Jalan Soekarno Hatta, Palu, Rabu (5/6/2024) pagi.

Dalam pemeriksaan senpi, personel Ditresnarkoba diwajibkan menunjukkan Surat Izin Kepemilikan Senjata Api (SIK) dan mengikuti pemeriksaan fisik senpi mereka. Sementara itu, untuk tes urine, sampel urine diambil dari setiap personel oleh tim Biddokkes Polda Sulteng untuk diuji kandungan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Dalam kesempatannya, Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin menjelaskan bahwa tujuan inspeksi mendadak ini adalah untuk memastikan kesiapsiagaan dan kedisiplinan personel Ditresnarkoba dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga  Strategi PPP Menangkan Duet Ganjar dan Gus Yasin

“Pemeriksaan ini dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hal ini untuk memastikan bahwa personel Ditresnarkoba benar-benar siap dalam menjalankan tugasnya,” ujar Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin mengungkapkan bahwa dalam pemeriksaan senpi, ditemukan beberapa senjata yang kotor atau tidak terawat. Ia menekankan pentingnya perawatan senpi bagi personel Ditresnarkoba.

Kabid Propam saat mengecek pelaksanaan tes urine personel Ditresnarkoba dan Polwan Polda Sulteng. (Foto: Ryo Lalampa)

“Merawat senpi merupakan kewajiban kita bersama. Senpi yang kotor atau jarang dibersihkan dapat membahayakan personel yang menggunakannya. Oleh karena itu, saya minta kepada personel Ditresnarkoba untuk selalu menjaga kebersihan senpinya,” tegas Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin.

Hasil tes urine terhadap seluruh personel Ditresnarkoba menunjukkan hasil negatif, yang berarti tidak ada personel yang terindikasi menggunakan narkoba. Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin mengapresiasi hasil ini dan menyatakan bahwa hal tersebut menunjukkan komitmen personel Ditresnarkoba untuk bersih dari narkoba.

Baca Juga  Peduli Tempat Ibadah, Da'i Polri Salurkan Bantuan Kursi untuk Gereja GPID Karmel

“Saya mengapresiasi hasil tes urine negatif ini. Hal ini menunjukkan komitmen personel Ditresnarkoba untuk bersih dari narkoba,” kata Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin.

Ia juga berharap personel Ditresnarkoba dapat terus menjaga komitmen ini dan menjadi contoh bagi personel Polri lainnya.

Inspeksi mendadak ini disambut baik oleh personel Ditresnarkoba. Mereka menyatakan kesiapan mereka untuk diperiksa dan berkomitmen untuk selalu menjaga kedisiplinan serta profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

“Kami siap untuk diperiksa. Kami akan selalu menjaga kedisiplinan dan profesionalisme dalam menjalankan tugas,” kata salah satu personel Ditresnarkoba.

banner

Komentar