Kapolda Sulteng Hadiri Syukuran Hari Jadi Polwan RI ke-75, Ini Pesannya!

Kapolda Sulteng didampingi Ibu Asuh Polwan saat menghadiri Hari Jadi Polwan RI ke-75. (Foto: Humas Polda Sulteng)


Palu Ngataku
– Kepolisian Daerah (Polda), Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar acara syukuran hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-75 berlangsung di hotel Best Western Kota Palu, Senin (4/9/2023).

Acara syukuran hari jadi Polwan Polda Sulteng itu, dipimpin langsung oleh Kapolda Sulteng, Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K.,S.H.M.H didampingi Ibu Asuh Polwan Ny. Fera Agus Nugroho.

Diketahui, peringatan hari Jadi Polwan ke-75 tahun 2023 mengangkat tema “Polri Presisi Untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K.,S.H.M.H. menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel Polwan yang telah bertugas dan mengabdi secara tulus memberikan pelayanan kepada masyarakat, ujarnya.

Baca Juga  Waket 1 DPRD Bangkep, Inisial RA Ditetapkan Tersangka Terkait Kasus Penggunaan Senjata

“Saya ucapakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pakor Polwan, para senior Polwan, ketua panitia serta seluruh panitia yang telah bekerja keras mendukung terlaksananya acara syukuran ini, sehingga acara dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Kapolda Sulteng.

Sebagaimana kita ketahui bersama di tahun 2024 akan menjadi tahun politik terbesar sepanjang sejarah demokrasi Indonesia, karena akan dilaksanakan pemilu dan pemilihan secara serentak nasional pertama kalinya, tuturnya.

Perempuan dan anak merupakan kelompok rentan yang akan terdampak sangat signifikan apabila potensi gangguan terjadi. Kekerasan dalam bentuk fisik, psikis, seksual dan ekonomi yang dihadapi oleh perempuan sering luput dari perhatian public, sebut Kapolda.

Agus Nugroho berpesan, sebagai “first responder” atau responden pertama, polwan berperan penting dalam memastikan perlindungan kepada perempuan dan anak.

Baca Juga  Tak Terkait Teroris, Ini Peran 3 Anggota Ditangkap Kasus Senpi Ilegal

“Polwan akan berperan sebagai penanggap pertama apabila ada perempuan dan anak  yang  menjadi korban kekerasan dalam pemilu,” kata Agus.

Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan polwan yang memiliki pengetahuan dan pemahaman komprehensif perihal penyelenggaraan pemilu, potensi kerawanan, mekanisme penyelesaian tindak pidana pemilu, serta keunggulan pada soft skills komunikasi, kepemimpinan, kolaborasi, motivasi, adaptasi, dan networking, ungkap Kapolda.

Diakhir sambutannya, Kapolda Sulteng mengucapkan selamat hari jadi Polwan yang ke-75, jadilah Polwan yang multi tasking dan presisi sehingga semakin dipercaya dan dekat dengan Masyarakat, pungkasnya.

Komentar