Luar Biasa! Sekdaprov Sulteng Masuk 5 Besar Se-Indonesia Penghargaan ADLG

Sekdaprov Sulteng masuk 5 besar se-Indonesia penghargaan ADLG. (Foto: Humas Pemprov)

Palu Ngataku – Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMSI) bersama Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah (Dirjen Bangda), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menggelar ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award tahun 2023.

Penghargaan tahunan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dan komitmen para Sekda dalam melaksanakan sistem digitalisasi pemerintahan, melalui pelaksanaan regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Satu Data Indonesia ( SDI) , Smart Province dan Smart City. Sabtu, (1/7/2023).

ADLG Award ini diinisiasi oleh Kemendagri melalui Dirjen Bangda, bekerja sama dengan ASKOMPSI.

Baca Juga  Tahukah Kamu! Tidur Berlebihan Ternyata Bisa Beresiko Terkena Stroke

ADLG Award adalah sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada Sekda dengan kinerja digital terbaik di tingkat nasional.

Tahapan awal dilakukan penghakiman dengan menjaring peserta yang telah mendaftar menjadi 5 besar di setiap tingkatan Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Dari seluruh Indonesia sebanyak 15 Sekda yang berhasil terpilih dalam penjaringan, terdiri dari 5 Sekda Provinsi, 5 Sekda Kabupaten dan 5 Sekda Kota, dengan rincian Sekda Provinsi Jawa Barat, Sekda Provinsi Jawa Timur, Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, Sekda Provinsi Jawa Tengah dan Sekda Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara untuk tingkat Kabupaten yaitu Sekda Kabupaten Banyuwangi, Sekda Kabupaten Ciamis, Sekda Kabupaten Bangka Tengah, Sekda Kabupaten Gresik dan Sekda Kabupaten Paser.

Baca Juga  Pimpin sertijab Kapolres Tolitoli, Kapolda Sulteng : Perhatikan penanganan covid.19 terutama percepatan capaian vaksinasi lansia, anak-anak dan masyarakat umum

Sedangkan Kota yaitu Sekda Kota Semarang, Sekda Kota Denpasar, Sekda Kota Surakarta, Sekda Kota Blitar dan Sekda Kota Balikpapan.

mekanisme penilaian berbasis aplikasi. Mulai dari pendaftaran, pengukuran Indeks Digital Leadership dan Indeks Digital Capability Daerah. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing kandidat yang lolos seleksi di depan Menteri Dalam Negeri RI, lalu validasi lapangan.

Pada tahapan akhir dilakukan penghakiman dan pengumuman pemenang serta pemberian penghargaan yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2023.

Proses penjaringan dan penghakiman cukup panjang dan sangat ketat, karena implementasi SPBE merupakan program strategis nasional sebagai bagian dari birokrasi program reformasi, yang hingga kini terus berjalan.

Baca Juga  Buka Rakor UKPBJ di Banggai, Berikut Pesan Wakil Gubernur Sulteng

Melalui kompetisi ini diharapkan dapat mendorong para Sekretaris Daerah dalam mempercepat implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) guna memberikan pelayanan publik yang lebih baik, lebih cepat, lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat.

Sumber : Diskominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng.

banner

Komentar