Mudah! Berikut 4 Cara Turunkan Asam Urat di Pagi Hari

Ilustrasi Asam Urat. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri sendi, penyakit asam urat, hingga batu ginjal.

Asam urat merupakan hasil buangan alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan air seni.

Jika tubuh mengonsumsi terlalu banyak purin, atau jika tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah Anda.

Namun begitu, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan di pagi hari untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Berikut adalah 4 cara untuk menurunkan asam urat di pagi hari, Seperti dilansir dari Healthline, Senin (11/9/2023):

Baca Juga  Tampung Aspirasi Masyarakat, Wakapolda Sulteng: Isu Penculikan Anak adalah HOAX

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Meminum banyak cairan membantu ginjal untuk mengeluarkan asam urat lebih cepat. Ginjal menyaring sekitar 70 persen asam urat dalam tubuh.

Minum air yang cukup dapat membantu ginjal melakukan fungsinya dan dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal asam urat.

Bawalah selalu botol minum dan atur pengingat untuk minum air putih setiap jam.

2. Minum Kopi

Penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menurunkan kadar asam urat serum

Penelitian lain menunjukkan bahwa terdapat cukup bukti yang mendukung kemampuan kafein untuk menurunkan kadar asam urat.

Namun, para peneliti mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi apakah kopi dapat mempengaruhi kadar asam urat.

Baca Juga  Sadis! Pria di Banggai Bacok Membabi Buta Selingkuhan Pacarnya Hingga Tewas

3. Kurangi Makanan Tinggi Purin

Kurangi makanan tinggi purin seperti, seperti daging merah, seafood, dan alkohol, terutama di pagi hari. Semua makanan ini berkontribusi terhadap asam urat ketika dicerna.

Sebagai gantinya, pilih makanan rendah purin, seperti sayuran hijau, tomat, dan biji-bijian.

4. Hindari Gula

Fruktosa adalah gula alami dalam buah dan madu. Saat tubuh Anda memecah fruktosa, tubuh akan melepaskan purin dan meningkatkan kadar asam urat.

Ingatlah bahwa fruktosa dalam minuman diserap lebih cepat daripada gula dalam makanan utuh karena minuman tidak mengandung serat, protein, atau nutrisi lainnya.

Gula lain yang ditambahkan ke dalam makanan juga akan meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi.

Baca Juga  Wujud Penghormatan Dansat Brimobda Sulteng Sambut Personel Purna Tugas Madago Raya

Komentar