Operasi Zebra Tinombala 2023 Segera Dimulai, Polda Sulteng Gelar Latpraops

Wakapolda Sulteng saat memimpin Latpra OPS Zebra Tinombala 2023. (Foto: Humas Polda Sulteng)

Palu Ngataku – Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Polres jajaran kembali akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi “Zebra Tinombala 2023”. 

Operasi ini sebagai upaya Kepolisian khususnya fungsi lalulintas untuk mengurangi angka kecelakaan dan menekan angka pelanggaran lalulintas di jalan raya di wilayah Provinsi Sulawqesi Tengah.

Demikian antara lain sambutan Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho saat memberikan membuka pelaksanaan latihan pra operasi (latpraops) Zebra Tinombala-2023 yang dibacakan Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko di Rupatama Polda Sulteng, Kamis (31/8/2023).

Pembukaan pelaksanaan latpraops, turut dihadiri pejabat utama Polda Sulteng, para Kapolres dan personel yang terlibat Operasi Zebra Tinombala 2023 baik yang ikut secara tatap muka maupun daring.

Baca Juga  Larangan Cukur Rambut dan Potong Kuku Bagi yang Hendak Berkurban, Ini Penjelasan Ustadz!

Lanjut dalam sambutannya Kapolda Sulteng mengatakan, pelaksanaan latpraops untuk memastikan kesiapan personel, menyamakan persepsi dan pola tindak personel serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

“Operasi Zebra tahun ini, lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif serta penegakkan hukum yaitu dengan cara tilang elektronik dan tindakan teguran,” tegasnya.

Kembali ia menegaskan, tujuan Operasi Zebra adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalulintas, meminimalisir jumlah korban kecelakaan serta mengajak masyarakat tertib dan disiplin dalam berlalu lintas.

Kapolda Sulteng juga meminta kepada masing-masing Kasatgas agar lebih kreatif dan inovatif, sehingga tujuan operasi ini bisa tercapai. Ia juga berpesan, personel yang terlibat operasi melakukan tindakan diluar prosedur dan melakukan kegiatan dengan humanis, tulus serta ikhlas sehingga pelaksanaan operasi dapat lebih optimal, pintanya.

Baca Juga  Menyambut 17 Agustus Dinas Kehutanan Provinsi Tanam Pohon Bersama Bupati Donggala

Sementara itu Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono mengungkapkan, Operasi Zebra Tinombala 2023 akan digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 4 September hingga 17 September 2023.

Sebanyak 728 personel akan dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala ini. Djoko berharap kepada masyarakat Sulawesi Tengah untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala dengan menjadi masyarakat lalulintas yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas di jalan raya, pungkasnya.

Komentar