Percepat Digitalisasi, Sekprov : Rugi UMKM Kalau Belum Jualan Online

Sekprov Dra. Novalina, M.M saat membukanya di UPT Balai Pelatihan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng. (Foto: Ro Adpim Setdaprov Sulteng)

Palu Ngataku – Pelatihan Kewirausahaan Digital Dasar untuk pelaku UMKM se Kota Palu diapresiasi Sekprov Dra. Novalina, M.M saat membukanya di UPT Balai Pelatihan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng, Selasa (5/3/2024).

Pelatihan diselenggarakan UPT Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado selama 2 hari dengan melibatkan 100 peserta.

“Terima kasih bantuannya untuk meningkatkan kapasitas SDM Sulawesi Tengah baik ASN maupun Masyarakat,” ucap Sekprov Novalina di awal sambutan Gubernur Rusdi Mastura yang dibaca.

Menurut Sekprov, UMKM adalah tulang punggung ekonomi Sulteng yang mesti diperkuat dari segi penguasaan teknologi informasi.

Baca Juga  Polda Sulteng Nobar "Sayap-Sayap Patah" Bersama Elemen Masyarakat

Teknologi informasi katanya lagi membuat pelaku usaha tidak perlu modal besar untuk menyewa tempat jualan, cukup HP dan pulsa data.

“(UMKM) Harus melakukan transformasi digital dengan memanfaatkan digitalisasi,” imbuhnya ke peserta.

Olehnya ekosistem digital mesti cepat direspon pelaku UMKM mengingat perilaku konsumen yang gemar belanja online.

“Jadi rugi kalau punya produk jualan tapi tidak (jualan) pakai medsos,” pungkasnya.

Sementara Kepala BPSDMP Kominfo Arsyad di kesempatan itu mengajak supaya pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi supaya generasi kita siap menghadapi disrupsi.

“Kami memberi pelatihan untuk mempersiapkan generasi kita karena tantangan 20 tahun lalu beda dengan yang sekarang,” paparnya.

Lanjut Ia menyebut tiap tahun dibutuhkan sekitar 600 ribu talenta digital sehingga Kementerian Kominfo fokus membekali masyarakat dengan kompetensi digital supaya mudah terserap ke industri.

Baca Juga  Kapolres Bangkep Tekankan Pada Personil Patuhi Prokes 5M.

Untuk itu selama Maret 2024, UPT BPSDMP Manado berencana menggelar pelatihan digital di wilayah Palu, Sigi dan Donggala dengan target 500 peserta. 

“Mohon kami dapat dibantu ke OPD terkait,” ujarnya bermohon ke Sekprov Novalina.

Hadir di acara, Sekretaris Dinas Kominfo Santik Sulteng Drs. Aswin Saudo, M.Si bersama pejabat terkait dinas kominfo santik dan dinas koperasi dan UMKM.

Sumber: Ro Adpim Setdaprov Sulteng

banner

Komentar