Personel Satgas Madago Raya Dianjurkan “Curhat” Saat Hadapi Masalah

Kabag Psipol Biro Psikologi SSDM Polri, Kombes Pol Cucuk Trihono, S.Psi., saat memberikan arahan kepada personel madago raya. (Foto: Istimewa)


Palu Ngataku
– Curahan hati alias curhat menjadi salah satu metode yang dianjurkan Psikolog Polri bagi personel Kepolisian yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya yang saat ini sedang bertugas di wilayah Operasi Satgas Madago Raya, yakni Kabupaten Poso, Parigi Moutong, Sigi, dan Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Psikolog Polri yang menjabat sebagai Kabag Psipol Biro Psikologi SSDM Polri, Kombes Pol Cucuk Trihono, S.Psi., berpesan kepada Satgas Operasi Madago Raya agar mencari teman dan mengeluarkan keluh kesah jika menghadapi masalah. 

“Semua kita pasti mempunyai masalah. Minimal bercerita, atau kalau bahasa sekarang, minimal curhat,” ujar Kombes Pol Cucuk Trihono kepada personel Satgas Madago Raya di Pos Sekat Balinggi Operasi Madago Raya 2023, di Kecamatan Parigi Moutong, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga  Polri dan Universitas Tadulako Tandatangani MoU, Tingkatkan Kerja Sama dan Sinergisitas

Kombes Pol Cucuk Trihono menyambangi tiga  Pos Operasi Madago Raya dalam rangkaian kegiatan pendampingan Psikologi bagi anggota Polri dalam Operasi Madago Raya I Tahun 2023, dengan tagline mental sehat, kerja hebat yang dilakukan Ropsi SSDM Polri yang berkolaborasi dengan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng, dan Bagian SDM Polres Poso.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak seratus personel Satgas Madago Raya mendapatkan pendampingan yang dipusatkan di Pos Komando Taktis (Kotis) Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir. Kombes Pol Cucuk Trihono didampingi Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng Kompol Akhmad Kunaefi Muarif dan Danyon B Pelopor Satbrimobda Sulteng, Kompol Robi Utomo.

Kegiatan yang melibatkan tim fasilitator  pendampingan Psikologi yang terdiri dari 7 personel Biro Psikologi SSDM Polri, 5 personel Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng, dan 3 personel Bagian SDM Polres Poso, dilakukan dalam rangka untuk lebih meningkatkan kinerja personel sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih optimal, dimana operasi Madago Raya saat ini merupakan operasi untuk memelihara kondisi kamtibmas, untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga  PENGUKUHAN PASKIBRAKA KABUPATEN DONGGALA TAHUN 2021

“Untuk mencapai itu memerlukan satu kondisi kesehatan mental personel yang prima. Sehingga kerja dari personel ini bisa maksimal. Mental yang sehat akan mewujudkan kerja yang hebat,” kata Kombes Pol Cucuk Trihono.

Selain di Pos Kotis, Kombes Pol Cucuk Trihono bersama fasilitator Biro Psikologi SSDM Polri dan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng, mengunjungi langsung 2 pos Satgas Madago Raya di Parigi Moutong.

“Pesan paling penting kepada rekan-rekan yang sedang menjalankan tugas Operasi Madago Raya  di pos-pos yang kita kunjungi ini, adalah memberikan sentuhan untuk memahami dan menunjukkan perilaku empati kita kepada rekan-rekan yang sedang menjalankan tugas operasi,” tutur Kombes Pol Cucuk Trihono.

Baca Juga  Pemerintah Daerah Bersama Para Tokoh Kabupaten Tolitoli Tolak Paham Radikalisme

Menurutnya, para personel Satgas Madago Raya selama bertugas di lapangan pasti berinteraksi dengan berbagai pihak, sehingga memiliki kondisi psikologis yang harus dikelola dengan baik, sebab dapat menimbulkan permasalahan jika tidak tertangani.

“Pesan pentingnya, kelola masalah itu, kemudian saling berbagi diantara yang satu dengan yang lain. Kalau itu dilakukan, kepedulian antara satu dengan yang lain, ada apa-apa saling berbagi, kami yakin Insya Allah kesehatan mentalnya tetap akan terpelihara dengan baik sehingga tujuan tugas itu akan tercapai secara maksimal,” tandas Cucuk Trihono.

Penulis: Sules

Editor: Irfan Jo

banner

Komentar