Polda Sulteng Kembali Buka Pendaftaran SIPSS 2024, Ini Persyaratannya!

Rekrutmen SIPSS. (Foto: Humas Polda Sulteng/Palu Ngataku) 

Palu Ngataku – Kabar gembira untuk putra-putri terbaik di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Polda Sulteng telah membuka pendaftaran menjadi anggota Polri melalui seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2024.

Pendaftaran untuk menjadi calon Perwira Pertama Polri ini dibuka mulai tanggal 08 Januari hingga tanggal 16 Januari 2024 dan dapat dilakukan dengan membuka website penerimaan.polri.go.id

Hal itu diungkapkan Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono, SIK, SH, MH, bahwa dalam penerimaan SIPSS Tahun 2024 terdapat persayaratan umum dan persyaratan khusus.

“Polri kembali memberikan kesempatan kepada lulusan sarjana yang ingin mendaftarkan diri sebagai Perwira Polri melalui seleksi penerimaan SIPSS Tahun 2024,” ungkap Kabidhumas Polda Sulteng, Selasa (9/1/2024) pagi.

Djoko juga menyebut terdapat persayaratan umum untuk mengikuti seleksi penerimaan SIPSS Tahun 2024 diantaranya berumur paling rendah 18 tahun, maksimal 40 tahun untuk Dokter Spesialis, maksimal 30 tahun untuk S2 dan S2 Profesi, maksimal 28 tahun untuk S1 Profesi, maksimal 26 tahun untuk S1 dan D IV.

Baca Juga  Momen Hari Bhayangkara ke-77, Polda Sulteng Gelar Doa Lintas Agama

Selain itu kata Djoko, harus berbadan sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisan (SKCK) dari Polres setempat.

Seleksi penerimaan SIPSS adalah sekolah pendidikan kepolisian untuk mereka yang memiliki ijasah lulusan D4, Sarjana (S1), Sarjana Profesi (S1-Profesi), S2 dan S2 Profesi, ujarnya.

“Untuk yang Dokter Spesialis diantaranya Spesialis Kesehatan Jiwa, Spesialis Patalogi Anatomik, dan Spesialis Anestesi. Kemudian untuk dibuka juga S-2 Psikologi (Profesi) dan S-2 Hukum,” tambah Djoko.

Lanjut Djoko juga menegaskan, terdapat peluang juga untuk S-1 Teknik Komputer, S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, S-1 Teknologi Informasi, S-1 Kedokteran Umum (Profesi), S-1 Kedokteran Hewan, S-1 Pendidikan Olahraga/Ilmu Keolahragaan, S-1 Hubungan Internasional, S-1 Pendidikan Bahasa/Sastra Arab, S-1 Pendidikan Bahasa/Sastra Mandarin, S-1 Pendidikan Bahasa/Sastra Prancis, S-1 Pendidikan Bahasa/Sastra Jepang, S-1 Teknik Kimia, S-1 Kimia (Murni), S-1 Biologi (Murni), S-1 Fisika (Murni), S-1 Teknik Metalurgi/Metalurgi, S-1 Desain Komunikasi, dan S-1 Agen/Teknologi Cyber/Ekonomi Intelijen.

Baca Juga  Rahmat Dahlan "Olenk" Salah Satu Bomber Terbaik Boz Fc Asal Polres Donggala Menyatakan Gantung Sepatu Usai Dirinya Mencetak Hatrick Pertamanya

Kabidhumas menambahkan bahwa SIPSS juga dibuka untuk mereka lulusan D-4/S-1 Rekayasa Kriptografi, D4/S-1 Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, D4/S-1 Keamanan Siber, D4//S-1 Teknik Elektro, D4/S-1 Teknik Penerbangan, dan S2/S1/D4 semua Prodi + Sertifikat CPL Fyling School School.

Untuk lulusan yang berasal dari Perguran Tinggi atau Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B (yang menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar) atau akreditasi minimal Baik (yang menggunakan Instrumen Akreditasi 9 Standar atau IAPS 4.0 dan IAPT 3.0), akreditasi berlaku pada saat dan setelah tahun kelulusan sesuai Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2022, dengan IPK minimal 2,75 serta wajib melampirkan ijazah yang dilegalisir/diketahui oleh Pembantu Dekan bidang Akademik (berlaku untuk S-1 maupun S-2). Bagi lulusan Perguruan Tinggi di luar begeri wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, jelasnya.

Baca Juga  Kabar Baik, Pendaftaran Taruna Akpol Tahun 2022 Sudah Dibuka, Simak Persyaratannya

“Dalam seleksi penerimaan SIPSS persyaratan khusus lainnya yaitu tinggi badan minimal pria 162 cm dan wanita 157 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku dan pendidikan akan dilaksanakan di Akpol Semarang selama 6 bulan,” ucap Kabidhumas.

Diakhir, Kabidhumas Polda Sulteng itu mengajak kepada lulusan sarjana di Sulawesi Tengah agar mendaftarkan diri menjadi anggota Polri melalui seleksi penerimaan SIPSS Tahun 2024 di Polda Sulawesi Tengah tanpa dipungut biaya atau Gratis.

“Inilah waktunya bagi para putra dan putri terbaik di Sulteng untuk mendaftarkan diri sebagai Perwira Polri guna memberikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Komentar