Segar Dimakan Saat Puasa, Ini Lima Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Buah Kiwi memiliki serat tinggi dan memiliki indeks glisemik rendah yang baik untuk kesehatan. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Konsumsi buah pada saat sahur akan membantu menjaga kadar glukosa darah lebih stabil karena mengandung banyak serat, serta memiliki indeks glikemik yang rendah, dan mengandung enzim yang membantu pencernaan.

Salah satu buah yang berserat tinggi dan memiliki indeks glisemik rendah adalah buah kiwi. Nutrisinya memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya masalah pencernaan yang sering dialami oleh mereka yang berpuasa.

Di Indonesia, Anda mungkin mengenal dua jenis kiwi, kiwi hijau dan kiwi gold. Seperti dilansir dari laman Healthline, Selasa 28 Maret 2023, berikut lima manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga  Penetapan Tersangka Panji Gumilang Dikuatkan oleh 57 Saksi, Para Ahli dan 3 Alat Bukti

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kiwi memiliki tingkat sodium yang rendah dan potasium yang baik. Ini merupakan kombinasi yang elektrolit yang baik untuk mengurangi tekanan darah.

Selain itu, mengonsumsi kiwi juga mengurangi risiko terkena stroke, mengingat buah ini mengandung folat.

2. Mengurangi Gejala Flu
Sebuah penelitian terhadap orang dewasa yang sehat menyatakan, kiwi dapat membantu mengurangi durasi flu. Selain itu, mengonsumsi kiwi gold juga dipercaya dapat mengatasi masalah sakit tenggorokan dan gangguan pernapasan.

3. Mencegah Anemia
Kiwi memang bukan buah yang memiliki kandungan zat besi. Namun kiwi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta dapat mencegah defisiensi zat besi dalam tubuh Anda.

Baca Juga  Bertemu Kepala Kepolisian Malaysia, Kapolri Bahas PMI Ilegal Hingga Penanganan Covid-19

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menyatakan bahwa kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan serotonin dan antioksidan yang ada dalam buah kiwi.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Kiwi mengandung serat yang baik untuk pencernaan Anda. Serat yang ada pada buah kiwi dapat mendukung bakteri usus sehat yang membantu proses pencernaan, sehingga Anda terhindar dari sembelit.

Selain itu, kandungan enzim actinidin juga membantu meningkatkan pencernaan protein yang ada di dalam lambung dan usus kecil. ***

banner

Komentar