Siswa Sekolah di Poso Dibekali Wawasan Kebangsaan oleh Satgas Madago Raya

Siswa SDN Kalora saat mendapat sarana kontak dari Satgas Madago Raya. (Foto: Satgas Madago Raya)

Palu Ngataku – Dalam rangka menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban, personel Pos Kamtibmas Kawende dan Satgas II Preemtif Ops Madago Raya melaksanakan kegiatan Upacara Bendera dan Penyuluhan di dua sekolah di wilayah Kabupaten Poso, Senin (27/5/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah MAN 1 Poso Pesisir dan SDN Kalora. Dalam kesempatan tersebut, personel Pos Kamtibmas Kawende Aipda Ardha Gito Waluyo dan Subsatgas Binmas Satgas II Preemtif Ipda Ramlin memberikan bantuan sarana kontak berupa alat tulis dan tas serta bertindak sebagai inspektur upacara dan memberikan penyuluhan tentang berbagai materi, antara lain:

Baca Juga  Potensi Tambang Minyak Dan Emas di Parimo Perlu Dimaksimalkan

Pertama, Bijak dalam bermedia sosial:

Personel Satgas Madago Raya mengingatkan kepada para siswa untuk bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah terpengaruh berita bohong atau ujaran kebencian. Hal ini penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mencegah penyebaran informasi yang menyesatkan.

Kedua, Menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air, serta wawasan kebangsaan:

Personel Satgas Madago Raya menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai ini kepada para siswa sejak dini. Dengan memahami nilai-nilai ini, para siswa diharapkan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cinta tanah air dan berwawasan luas.

Ketiga, Bahaya narkoba dan minuman keras:

Personel Satgas Madago Raya memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba dan minuman keras. Penyalahgunaan narkoba dan minuman keras dapat merusak kesehatan dan masa depan para siswa. Oleh karena itu, para siswa dihimbau untuk menjauhinya.

Baca Juga  Jumat Curhat, Polda Sulteng Tampung Aspirasi Tokoh Masyarakat Donggala

Keempat, Menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme:

Personel Satgas Madago Raya menekankan pentingnya menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di lingkungan sekolah dan masyarakat. Para siswa diimbau untuk selalu waspada terhadap bahaya radikalisme dan terorisme.

Kasubsatgas Humas Operasi Madago Raya, AKP Basirun Laele mengatakan melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat memahami nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan, serta memiliki kesadaran untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polri khususnya Satgas yang tergabung dalam Ops Madago Raya dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Poso,” ujar AKP Basirun Laele.

Kasubsatgas Humas juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca Juga  Gugur Saat Pam Aksi Demo di Kendari, Jenazah Ipda Imam Dimakamkan di Medan Sumatera Utara

“Mari kita bersama-sama ciptakan Kabupaten Poso yang aman, damai, sejuk dan kondusif,” tandasnya.

banner

Komentar