5 Tips Bangkitkan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Ilustrasi (PIXABAY/Lukas Bieri)

Palu Ngataku – Setelah menjalani libur panjang Lebaran, biasanya kebanyakan orang merasa nyaman dengan ritme santai. Hal tersebut sebenarnya wajar, tapi tetap perlu membangkitkan semangat kerja agar produktivitas kembali muncul.

Kondisi seperti ini acap juga disebut dengan post-holiday blues atau sindrom pasca-liburan. Sindrom pasca-liburan memiliki banyak gejala seperti energi yang rendah, insomnia, dan kurang konsentrasi.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/5/2023), berikut sederet tips yang bisa dilakukan untuk kembalikan semangat kerja usai libur lebaran.

1. Cukupi Tidur
Tidur sangat penting untuk mencegah kecemasan atau stres. Anda mungkin kurang tidur selama liburan karena tingginya tingkat aktivitas dan kegembiraan.

Baca Juga  Laga Perdana, Polres Sigi Menang Telak 4-0 Atas Polres Donggala

Penting untuk mengembalikan waktu tidur ke jalur yang benar agar dapat berfungsi secara efektif di tempat kerja.

2. Latihan Pernapasan
Melakukan latihan pernapasan dapat membantu dalam mengelola kecemasan dan stres pasca-liburan, yang menjadi salah satu penyebab tidak semangat kerja.

3. Prioritaskan dan Tetapkan Tujuan
Tentukan beberapa hal yang ingin dicapai sebelum minggu ini berakhir. Luangkan waktu untuk membuat daftar untuk membantu mengelola prioritas di hari-hari mendatang.

4. Fokus Pada Hal yang Disenangi di Kantor
Kegiatan yang disenangi ditempat kerja dapat beragam tergantung individu, entah itu bertukar pikiran dengan kolega, persahabatan, sensasi saat mencapai kesepakatan, atau kegembiraan saat menemukan sesuatu yang baru, apresiasi yang didapatkan.

Baca Juga  Polda Sulteng Gandeng Stakeholder untuk Bersinergi dengan Satgas TPPO

Fokuslah pada apa yang disukai dari pekerjaan dan lambat laun akan terbentuk rasa nyaman kembali dengan pekerjaan dan tempat kerja.

5. Kembali Jalani Kebiasaan Semula
Kembali menjalani kebiasaan semula mulai dari pola makan, pola tidur, hingga melakukan aktivitas fisik atau olahraga.Kondisi jiwa sangat dipengaruhi oleh aktivitas fisik, makanan, dan kegiatan sehari-hari.

Komentar