7 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Ilustrasi Jeruk Purut. (Foto: iStokPhoto)

Palu Ngataku – Jeruk purut atau Citrus hystrix adalah buah tropis yang terdapat di berbagai belahan Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina. Selain bermanfaat untuk menambahkan cita rasa pada jenis makanan tertentu, buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.


Dilansir dari laman Alodokter, jeruk purut mengandung berbagai nutrisi, seperti air, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, dan kolin.

Berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, manfaat jeruk purut untuk kesehatan antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh penting bagi kesehatan kamu secara keseluruhan. Dengan sistem kekebalan yang baik, kamu bisa lebih cepat pulih dari penyakit.

Nah, jeruk purut memiliki senyawa antioksidan alami dan sifat antibakteri yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung vitamin C yang memang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga  Bereaksi di 28 TKP, Tim Resmob Polres Banggai Ringkus Pelaku Pencurian di Luwuk

Ketika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti flu atau gangguan pencernaan.

2. Memiliki sifat antibakteri

Minyak esensial dari kulit dan daun jeruk purut terbukti bersifat antibakteri. Manfaat jeruk purut ini diduga dapat melawan patogen penyebab infeksi di saluran pernapasan, seperti Group A streptococcal, Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, dan Haemophilus influenzae.

Tak hanya itu, ekstrak daun jeruk purut juga dipercaya dapat menghambat aktivitas bakteri Streptococcus mutans yang diduga berguna dalam mengurangi karies gigi.

3. Melindungi jantung dan pembuluh darah

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C yang terkandung dalam jeruk purut diduga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dikenal sebagai salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

Tak hanya itu, jeruk purut juga diduga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan stroke. Manfaat jeruk purut ini didapat berkat kandungan flavonoid dan kalium di dalamnya.

Baca Juga  Gubernur Sulteng Sambut Kedatangan Dubes Maroko di Kota Palu

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jeruk purut juga bisa dirasakan untuk kulit. Jeruk purut mengandung vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi kencang. Selain itu, jeruk purut juga mengandung antioksidan yang dapat membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

5. Meningkatkan penyerapan zat besi

Kekurangan zat besi dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk purut. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

6. Mengurangi risiko pembentukan batu ginjal

Manfaat jeruk purut lainnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Buah jeruk, seperti jeruk purut, mengandung asam sitrat yang diduga membantu memperlambat atau menghentikan pembentukan batu.

Baca Juga  Ketua FKUB Sulteng Angkat Bicara Soal Bentrok Ormas di Kota Bitung Sulut

7. Menekan pertumbuhan sel kanker

Menurut penelitian, jeruk purut bisa menekan pertumbuhan atau penyebaran beberapa sel kanker, seperti kanker usus besar, kanker tenggorokan, kanker pankreas, kanker payudara, kanker kelenjar getah bening, dan sel kanker lainnya.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Jeruk Purut

Jeruk purut mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Mengonsumsinya berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa mual, muntah, hingga sensasi panas pada bagian dada.

Jeruk ini juga mengandung asam yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

Bahkan, daun jeruk purut juga dapat meningkatkan risiko alergi. Namun, jangan berlebihan mengonsumsinya karena bisa memicu mulut kering dan ruam. Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi jeruk purut dalam jumlah yang sesuai.

Komentar