AKBP Putu Binangkari Eks Walpri Calon Presiden Anies Baswedan Jabat Kapolres Banggai

Palu Ngataku – Kapolri kembali melakukan pergeseran jabatan di tubuh Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng). Kali ini, lima pejabat utama (PJU) dan Kapolres di wilayah tersebut dimutasi berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, dan ST/1238/VI/KEP./2024, yang ditandatangani oleh Asisten SDM (AS SDM) Polri Irjen Pol Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.hum, M.Si, M.M. tertanggal 25 Juni 2024.

Salah satu pergeseran menarik adalah penunjukan AKBP Putu Binangkari, SIK, sebagai Kapolres Banggai yang baru. Putu Binangkari merupakan putra kelahiran Desa Podi, Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Unauna, Provinsi Sulteng, ini sebelumnya bertugas sebagai walpri (pengawal pribadi) Calon Presiden RI, Anies Baswedan.

Mutasi ini menjadi sorotan karena Putu Binangkari pernah ditarik kembali ke Polda Sulteng setelah masa tugasnya sebagai walpri Anies Baswedan berakhir. Kini, ia kembali dipercaya untuk mengemban jabatan strategis di wilayah hukum Banggai.

Baca Juga  Kawal Penyaluran BLT-DD Dai Polri Satgas Madago Raya Sampaikan Kerukunan dan Toleransi

Selain Putu Binangkari, empat PJU Polda Sulteng yang dimutasi adalah:

Pertama, Dirbinmas Polda Sulteng Kombes Pol. Denny Jatmiko, S.I.K., diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirbinmas Polda Bengkulu, penggantinya adalah AKBP Dr. Sirajuddin Ramly, S.H.,M.H. Wadir Polairud Polda Sulteng.

Kedua, Kabid Propam Polda Sulteng, Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin, S.I.K. diangkat dalam jabatan baru sebagai Pemeriksa Propam Kepolisian Madya TK III Divpropam Polri digantikan oleh Kombes Pol. Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H. jabatan saat ini Pemeriksa Utama Divpropam Polri.

Ketiga, Kabid TIK, Kombes Pol Drs. Suliono diangkat dalam jabatan baru sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasum Polri posisinya digantikan oleh AKBP Pribadi Sembiring, S.I.K mendapat promosi jabatan yang saat ini menjabat sebagai Wadir Resnarkoba Polda Sulteng.

Baca Juga  Dedikasi Tinggi Antar AKBP Pribadi Sembiring Emban Tugas Baru Memimpin Bid TIK Polda Sulteng

Keempat, Kombes Pol. Ferry Boedhianto, S.H., S.I.K., M.H., selaku Auditor Kepolisian TK III Itwasda Polda Sulteng diangkat dalam jabatan baru sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasum Polri, posisinya digantikan oleh AKBP Heni Agus Sunandar, S.I.K., M.H. mendapat promosi jabatan yang saat ini menjabat sebagai Wadir Samapta Polda Sulteng.

Diberitakan sebelumnya, Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol. Djoko Wienartono mengatakan, mutasi ditubuh Polri merupakan bagian dari dinamika organisasi sebagai bentuk penyegaran, pengembangan karier, dan pemenuhan kebutuhan organisasi.

“Mutasi kelima PJU Polda Sulteng merupakan bagian dari dinamika organisasi sebagai bentuk penyegaran, pengembangan karier, dan pemenuhan kebutuhan organisasi” ujar Kombes Pol. Djoko Wienartono.

Baca Juga  Perwira Polwan Polres Buol Diberhentikan Tidak Dengan Hormat

Mutasi merupakan hal yang biasa terjadi di organisasi Polri yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi, ungkapnya.

Kombes Pol. Djoko Wienartono menyebut, mutasi ini membawa angin segar dan membuka peluang baru bagi para pejabat yang dimutasi. Diharapkan dengan pergeseran ini, Polda Sulteng dapat terus berkembang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pungkasnya.

Komentar