Buka Rakernis Ditintelkam, Kapolda Sulteng: Antisipasi Potensi Konflik Pilkada 2024

Palu Ngataku – Rapat Kerja Teknis (Rakernis) jajaran Direktorat Intelijen dan keamanan (Ditintelkam) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dibuka Kapolda Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho di Aula Rupatama Polda Sulteng, Senin (26/6/2024).

Hadir dalam pelaksanaan pembukaan Rakernis Ditintelkkam, Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Norhandoko, Irwasda Kombes Pol. Asep Ahdiatna, pejabat utama dan jajaran Ditintelkam Polda Sulteng.

Dalam sambutannya Kapolda Sulteng mengatakan, jajaran intelkam merupakan salah satu “Garda terdepan” organisasi kepolisian yang mampu memberikan early warning dan early detection dalam upaya pengelolaan kamtibmas di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Karenanya kemampuan personil ditintelkam dan jajaran pun harus terus dipelihara, dijaga dan ditingkatkan sehingga dapat memenuhi harapan organisasi dan bermanfaat bagi kamtibmas, pintanya.

Baca Juga  Belum Pakai CVT, Apa yang Ditakuti Daihatsu Indonesia?

“Kedepan kita masih memiliki tugas besar yang harus kita amankan, yakni pelaksanaan pilkada serentak 2024, yang mana di wilayah provinsi sulteng akan berlangsung 1 Pilgub/wagub, 1 pemilihan walikota/wakil wali kota dan 12 pemilihan bupati/wakil bupati,” terang Kapolda.

Dimana pelaksanaan pilkada memiliki potensi konflik yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemilu 2024 terutama di kewilayahan sehingga hal ini perlu diantisipasi oleh fungsi intelijen khususnya yang bersumber dari isu sara dan politik identitas, ujarnya.

“Intelijen memiliki peran yang sangat penting, peran yang sangat strategis dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tegas Kapolda.

Saya juga berharap melalui kegiatan rakernis ini, jajaran intelijen dapat lebih berkontribusi dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif sehingga agenda dan program pemerintah yang saat ini sedang berjalan dapat terselenggara dengan aman dan lancar, terutama dalam rangka mensukseskan pilkada serentak 2024 di Provinsi Sulteng, pungkasnya.

Baca Juga  Apresiasi kepada Polri, Ratusan Karangan Bunga Banjiri Mako Polda Sulteng di Hari Bhayangkara

Komentar