Cari Lahan, Gubernur Sebut Sulteng Akan Ditanami 5.000 Bibit Durian


Palu Ngataku
– Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan RI ke-78, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura hadiri pembukaan expose produk pertanian tahun 2023, bertempat di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulteng, Selasa  (8/8/2023).

Pada kesempatan itu, Cuddy akrab di sapa mengatakan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) akan menyerahkan 3000 bibit durian untuk dibudidayakan di Sulteng, ujarnya.

Selain dari Kemenkomarves lanjut gubernur, ada investor berencana menanam 2000 bibit durian di Sulteng, “Saya lagi mencari lahan untuk (ditanami) durian,” sambungnya.

Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat meningkatkan daya saing komoditi hortikultura Sulteng di pasar global sekaligus memulihkan ekonomi pascabencana 2018 dan pandemi Covid-19, ungkap Cuddy.

Baca Juga  2 Pelaku Calo Bintara Polri Diringkus Polda Sulteng, Kerugian Capai Rp.757 Juta

Termasuk untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat yang terus meningkat tiap tahunnya, jelasnya.

Terkait tantangan hortikultura di masa depan, sektor pertanian dan perkebunan harus terus berupaya untuk memenuhinya ke depan, terangnya.

 

Sementara itu, Kadis TPH Sulteng Nelson Metubun, SP menuturkan, tujuan expose diantaranya untuk memperkuat kelembagaan pemasaran di tingkat petani, ucapnya.

“Peserta (expose) dari petani, kelompok tani, UMKM, instansi vertikal, perbankan, BUMN dan lainnya sebanyak 88 peserta,” bebernya.

Selain itu untuk menanamkan budaya bertani sejak dini khususnya pada usia anak maka dalam kegiatan ini digelar lomba mewarnai dan menggambar dengan mengangkat tema “Ayo Bertani,” sebutnya.

Serta lomba lainnya seperti TPH idol bagi pejabat dan ASN lingkup Dinas TPH Sulteng yang hobi bernyanyi dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, tambahnya.

Baca Juga  Prof. Zainal Apresiasi Kinerja Polri Jaga Kondusifitas Pemungutan Suara di Sulteng

Source: Ro Adpim Setdaprov Sulteng

Komentar