Cegah Stunting, Disperindag Sulteng Kunjungi Kabupaten Sigi

Disperindag Sulteng saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Sigi. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Palu Ngataku – Pegawai Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah yang tergabung dalam tim pencegahan stunting melakukan kunjungan ke Kabupaten Sigi, Rabu (7/2/2024).


Kunjungan dimaksud dalam rangka pencegahan dan penurunan angka stunting sebagaimana yang telah diinstruksikan Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura dan himbauan yang disampaikan PLH. Kadis Perindag Mira Yuliastuti, ST., MP saat memimpin apel pagi beberapa hari yang lalu.


Tiba di Kabupaten Sigi, tim Disperindag Sulteng terlebih dahulu melakukan koordinasi bersama Camat Dolo Selatan Yahya Y.A. Landua S.Ag MM, Kepala Puskesmas Baluase Sri Intan Dewi, SKM, para Kepala Desa, Bidan  serta pihak terkait lainnya.

Baca Juga  KPU Buka Pendaftaran Calon Anggota Legislatif untuk Pemilu 2024 pada 1 Hingga 14 Mei 2023


Untuk keakuratan data dan efisiensi waktu tim Disperindag selanjutnya dibagi dua, tim satu di Desa Wisolo, sementara tim dua di Desa Poi.


Didampingi Kepala Desa Wisolo Muh Amin dan Bidan Desa Hatimuna, tim satu selanjutnya menyasar rumah-rumah penduduk yang diprediksi memiliki kasus stunting. 


Usai melakukan wawancara dan survei langsung di lapangan, ditemukan 14 kasus stunting di Desa Wisolo dan 7 kasus stunting di Desa Poi.


Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri, Dinas Perindag Eko Mardiono, S.T., M.A.P menyampaikan Dinas Perindag Sulteng mendapat dua wilayah di Kabupaten Sigi untuk dikunjungi yakni Desa Poi dan Desa Wisolo.


“Kami telah melakukan kunjungan sekaligus mendata kebutuhan-kebutuhan dan hal-hal yang mungkin bisa kami intervensi. Beberapa persoalan yang kami temui, masih banyak kasus pernikahan dini  serta pemenuhan asupan gizi yang masih kurang pada ibu dan balita,” pungkasnya.

Baca Juga  Wagub Sulteng Pimpin Sertijab Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Pesannya!

Komentar