Hindari, Berikut 5 Buah Tidak Cocok Bagi Penderita Asam Urat

Buah apel salah satu buah yang tidak cocok bagi penderita asam urat. (Foto: Istimewa/Palu Ngataku)

Palu Ngataku – Saat kadar asam urat tergolong tinggi dan menumpuk di sekitar persendian akan menyebabkan rasa sakit, kaku, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini pada akhirnya dapat mempengaruhi jantung, ginjal, dan organ penting lainnya.


Asam urat adalah produk sampingan dari purin, zat alami dalam tubuh, yang biasanya keluar dari tubuh melalui urin. Intinya dimulai ketika ginjal tidak mampu membantu mengeluarkan asam urat atau tubuh membuat terlalu banyak asam urat.

Salah satu cara menurunkan kadar asam urat adalah dengan berhati-hati dengan apa yang Anda konsumsi. Salah satunya menghindari makanan tertentu yang tinggi purin.

Baca Juga  Kapal KRI Dewaruci dan KRI Surabaya-591 Tiba di Palu, Ada Apa??

Penderita asam urat juga harus berhati-hati saat mengonsumsi buah dan sayuran karena fruktosa yang ditemukan di dalamnya dapat merangsang produksi asam urat dalam darah.

Seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis (20/7/2023), berikut makanan yang harus dihindari penderita asam urat:

1. Kismis
Kismis terbuat dari buah anggur yang mengandung purin. Mengkonsumsi makanan kaya purin dapat meningkatkan masalah asam urat lebih banyak lagi dan juga meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

2. Asam
Meskipun ampas asam memiliki manfaat kesehatan lainnya, namun tidak disarankan untuk orang yang menderita asam urat tinggi. Jumlah fruktosa memicu produksi asam urat yang menyebabkan konsekuensi yang lebih buruk.

Baca Juga  Polda Sulteng Ingatkan Jangan Percaya Calo Saat Daftar Jadi Calon Anggota Polri


3. Apel
Apel juga merupakan gudang fruktosa alami. Terlalu banyak konsumsi apel bisa semakin memperburuk kondisi asam urat.

4. Kurma
Kurma adalah buah purin yang rendah namun mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi. Mengkonsumsi kurma bisa berisiko karena dapat mengubah jumlah asam urat dalam darah Anda.

5. Sawo
Sawo dianggap sebagai makanan dengan fruktosa tinggi. Jadi, lebih baik hindari sawo untuk menjaga kadar asam urat Anda tetap terkendali.

Komentar