Inilah 5 Manfaat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Ilustrasi Puasa. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Palu Ngataku – Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Saat berpuasa umat muslim wajib tidak makan, minum dan melakukan hal yang membatalkan puasa. Tanpa disadari berpuasa ternyata bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/3/2023), berikut lima manfaat berpuasa bagi kesehatan.

1. Mendetoksifikasi Tubuh
Selain bagus untuk membersihkan diri secara spiritual, Ramadan bertindak sebagai detoksifikasi yang fantastis untuk tubuh Anda. Puasa bisa mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda sepanjang bulan.

2. Menurunkan Berat Badan
Puasa Ramadhan dapat membantu menurunkan berat badan karena dalam keadaan berpuasa, tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi.

Baca Juga  Bereaksi di 28 TKP, Tim Resmob Polres Banggai Ringkus Pelaku Pencurian di Luwuk

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Puasa Ramadhan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Puasa Ramadhan dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dengan memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan dan mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan.

5. Baik untuk Kesehatan Ginjal
Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari tidak hanya akan mengandung nutrisi tetapi juga membawa racun untuk tubuh.

Dalam hal ini, ginjal akan berperan untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi jika bekerja terlalu keras, ginjal juga akan kelelahan sehingga dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh.

banner

Komentar