Jadi Tuan Rumah Forum ADPMET, Sulteng Dukung PI 10%

Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H.M Faizal Mang, MM saat menghadiri Forum Daerah dan Silaturahmi pengurus dan anggota Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). (Foto: Ro Adpim Setdaprov Sulteng)

Palu Ngataku – Gubernur Rusdy Mastura diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H.M Faizal Mang, MM memberi sambutan selaku tuan rumah Forum Daerah dan Silaturahmi pengurus dan anggota Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) Wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Kegiatan berlangsung di Hotel BW Coco pada Kamis (2/3/2023) dan dihadiri stakeholder migas mencakup unsur teknis perangkat daerah dan perusahaan daerah se Sulawesi dan Kalimantan.

Dalam sambutannya, Gubernur melalui Asisten Faizal Mang mengapresiasi eksistensi ADPMET sebagai corong memperjuangkan hak ekonomi dan otonomi pengelolaan sumber daya alam migas serta pengembangan energi terbarukan.

Baca Juga  18 Tahun Mengabdi Polri, Bharaduta D’Pandiga Sulteng Buka Gerai Vaksinasi di Mamboro

Sejalan dengan itu maka ada dua hal yang diharapkan gubernur segera terwujud dari forum daerah ADPMET sebut asisten.

Yakni terwujudnya hak Partisipan Interest (PI) 10% untuk daerah-daerah penghasil migas dan pengurangan pemakaian energi fosil menuju energi hijau bebas emisi.

Apalagi tambah asisten, Sulteng memiliki kekayaan energi alternatif untuk dikembangkan seperti air, angin, matahari, panas bumi dan sampah.

“Semoga pelaksanaan forum ini berjalan lancar dan sukses dengan memberikan output positif bagi pembangunan nasional dan di daerah-daerah penghasil migas pada utamanya,” harapnya.

Sebagai informasi ADPMET saat ini beranggotakan 87 daerah terdiri dari 20 pemerintah provinsi, 60 pemerintah kabupaten dan 7 pemerintah kota se Indonesia.

Baca Juga  Wagub Sulteng Terima Audiance PB Alkhaerat, Ini Rencana Agendanya!

Dengan ketua umumnya saat ini dijabat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Banyak sekali peluang dan tantangan dalam (mengelola) migas, olehnya semoga ADPMET bisa bermanfaat dan terasa (dampaknya) untuk anggota dan pembangunan daerah (penghasil migas),” harap ketua umum ADPMET Ridwan Kamil lewat rekaman video yang diputar panitia.

Terkait harapan-harapan tuan rumah maka ADPMET melalui Kepala Sekretariat Taufan Priyono Modjo menegaskan 3 poin utama road map ADPMET yang diperjuangkan.

Pertama, mengkonversi sebagian pendapatan dari energi fosil untuk energi terbarukan.

Dua, menjadi motor penggerak implementasi energi terbarukan.

Tiga, melakukan advokasi hak-hak daerah penghasil migas untuk mendapat PI 10%.

Reporter:Ghifari

Editor: Irfan Jo

Komentar