Perkuat Satgas OMB Tinombala, Polda Sulteng Terjunkan K9 Unit Satwa, Ini Kegiatan “Adri”

Unit K9 terjunkan anjing pelacak di OMB Tinombala. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Kemampuan mengendus dan melacak barang yang dicurigai mempercayakan dirinya untuk turut diperbantukan dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala 2023/2024.

Adri adalah nama seekor anjing K9 Unit Satwa Ditsamapta Polda Sulteng. Setiap pagi bersama pawangnya Adri selalu hadir untuk mengikuti apel pagi bersama personel Satgas Preventif OMB Tinombala.

Tergabung dalam Subsatgas sterilisaai Adri terus dilibatkam dalam pelaksanaan patroli dialogis baik pagi, siang bahkan dimalam hari untuk mengecek kantor penyelenggara dan peserta Pemilu 2024.

“Sesuai naskah Rencana Operasi (Renops) Mantap Brata Tinombala 2023/2024 Subsatgas Sterilisasi bertugas melakukan sterilisasi di kantor penyelenggara Pemilu, tempat kampanye, TPS, akomodasi capres/cawapres” jelas Kombes Pol. Djoko Wienartono Kabidhumas Polda Sulteng di Palu, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga  Cegah Kelangkaan, Polri Ungkap 6 Polda Usut Kasus Dugaan Penyalahgunaan BBM

Ia menambahkan, untuk saat ini baru satu ekor anjing dari unit Satwa K9 Ditsamapta Polda Sulteng dalam tahap pendaftaran Capres dan Cawapres Pemilu 2024.

Akan tetapi untuk saat ini, tugas Subsatgas sterilisasi mendukung tugas Satgas Preventif untuk melakukan patroli dialogis di lokasi objek vital, kantor penyelenggara pemilu, dan objek-objek lainnya, jelas Djoko yang juga Kasatgas Humas OMB Tinombala.

Untuk diketahui Unit Satwa K9 Ditsamapta Polda Sulteng memiliki 20 ekor anjing yang memiliki kemampuan berbeda-beda sesuai yang dilatihkan oleh Bintara Satwa K9 dan kesemuanya siap diturunkan membantu pelaksanaan OMB Tinombala 2023/2024, pungkasnya.

banner

Komentar