Polda Sulteng dan Forkopimda, Hijaukan Lingkungan melalui Penanaman Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri

Kapolda Sulteng saat melaksanakan penanaman pohon. (Foto: Humas Polda Sulteng)

Palu Ngataku – Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Polisi Agus Nugroho bersama Forkopimda menghadiri kick-off penanaman sepuluh juta pohon antara Polri dengan Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) di Pekarangan Pangan Lestari Polda Sulteng Jalan Soekarno Hatta Palu, Rabu (15/11/2023).

Sinergitas Polri dan Menko PMK ini dilaksanakan mulai tingkat Mabes, Polda hingga Polres serta Polsek berlangsung secara virtual,  mengangkat tema “Penanaman Serentak Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri di Wilayah Polda Sulawesi Tengah.”

Melalui Siaran Pers, Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho mengatakan, penanaman serentak ini merupakan suatu gerakan bersama yang memerlukan kolaborasi partisipatif (pentahelix) dalam mewujudkan gerakan Indonesia bersatu, gerakan Indonesia bersih dan Gerakan Indonesia mandiri.

Baca Juga  Beri Motivasi, Dansat Brimob Polda Sulteng Kembali Kunjungi Pos Kamtibmas di Sausu

“Penanaman pohon ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan,” jelasnya.

Lanjut Kapolda Sulteng itu juga menerangkan, tingginya bencana alam diperlukan edukasi untuk mendorong gerakan masyarakat untuk bergotong royong terkait pencegahan tanah longsor dan banjir dikemudian hari.

“Aksi nyata diharapkan menjadi titik awal pencegahan bencana dan fenomena perubahan iklim di Indonesia,” terang Agus Nugroho.

Gerakan penanaman pohon mendorong kreativitas masyarakat dalam menciptakan value added pasca pohon tersebut berbuah, terciptanya budaya menanam pohon yang selanjutnya menjadi kebutuhan dan gaya hidup baru di masyarakat, pesannya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Polisi Djoko Wienartono menerangkan, sebanyak 1000 pohon telah ditanam Polda Sulteng bersama jajaran secara bertahap.

Baca Juga  Cetak Sejarah, Chelsea Gelar Buka Puasa dan Sholat Taraweh di Dalam Stadion

“Dengan menanam pohon berarti kita menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan generasi yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu ungkap Djoko, penanaman pohon akan memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi polusi, kita bisa terhindar bahaya banjir, tanah longsor, erosi.

“Jika kita sayangi alam kita, maka alampun akan saying kepada kita. Olah karena itu mari hijaukan lingkungan kita,” pungkasnya.

Selain unsur Forkopimda Sulteng, Hadir dalam penanaman sepuluh juta pohon antara Polri dengan Kementrian PMK antara lain Wakapolda Sulteng, Pejabat Utama Polda dan Seluruh Kapolres, Walikota Palu dan Kepala Dinas Provinsi Sulteng. 

banner

Komentar