Polda Sulteng Tanam 5.690 Bibit Pohon Semarakkan Hut RI ke-78

Karo SDM Polda Sulteng Kombes Pol Yudi Kurniawan, S.I.K.,M.Si saat melakukan penanaman bibit pohon. (Foto: Humas Polda Sulteng)

Palu Ngataku – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) melakukan penanaman 5.690 bibit pohon guna mendukung program penghijauan sekaligus menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

Karo SDM Polda Sulteng Kombes Pol Yudi Kurniawan, S.I.K.,M.Si mengatakan, bertajuk “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini” untuk Polda Sulteng dilakukan penanaman sebanyak 5.690 bibit pohon yang tersebar di seluruh mako Polda, Polres hingga Polsek jajaran, ujarnya.

“Memeriahkan peringatan HUT RI ke-78, kita melakukan penanaman 5.690 pohon di seluruh Mako Polda, Polres dan Polsek jajaran sebagai upaya melestarikan alam dan menghijaukan kembali lingkungan,” ucapnya, Jumat (18/8/2023). 

Baca Juga  Kepolisian Apresiasi PSU dan PSL Berjalan Aman Kondusif di Sulteng

Adapun pohon yang ditanam tersebut merupakan tanaman yang memiliki peran ekologis terhadap hidup manusia seperti trambesi, ketapang hingga mangrove dan berbagai macam pohon lainnya, ungkapnya.

Ada empat kriteria pemilihan bibit pohon, yakni dapat memberikan naungan, menghasilkan buah, berfungsi sebagai kayu, serta memiliki nilai estetika, sambungnya.

“Pohon memiliki manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Serta untuk dapat mencegah abrasi pantai dan lain sebagainya,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Karo SDM juga mengajak kepada masyarakat untuk terus menjaga ekosistem dengan tidak berhenti menanam pohon, imbuhnya.

“Mari kita bersama menanam pohon agar dapat menjaga ekosistem untuk anak-anak dan cucu kita kelak,” kata Kombes Yudi Kurniawan.

Baca Juga  110 Penyidik dan Penyidik Pembantu Polda Sulteng Mengikuti Assesment Uji Kompetensi

Semangat penghijauan yang digaungkan oleh Polda Sulawesi Tengah diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian alam serta menciptakan lingkungan yang sehat dan indah untuk generasi mendatang, pungkasnya.

Komentar