Presiden Jokowi Berkurban 38 Ekor Sapi, Tersebar ke Seluruh Provinsi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa/Palu Ngataku)

Palu Ngataku – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sapi sebanyak 38 ekor pada Idul Adha 1444 Hijriah. Hewan kurban ini akan disebar ke 38 provinsi di seluruh Indonesia.


“Bapak Presiden memberikan per provinsi itu sesuai dengan utusan atau usulan dari pemerintah provinsi masing-masing. Jadi ada usulan dari para gubernur untuk sapi itu didistribusikan,” ungkap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di Istana Negara, Jumat (23/6/2023).

Adapun untuk proses pendistribusian sapi ke seluruh Indonesia, lanjut Heru, Sekretariat Presiden bakal bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama.

Sebelum dikirim, sapi-sapi tersebut bakal dicek kesehatan dan harus bebas dari penyakit mulut dan kuku. Heru menyebut hal ini agar sapi yang disalurkan berkualitas terbaik.

Baca Juga  Dukung Operasi Madago Raya di Poso, Satwil Gelar Operasi Imbangan

“Dan tentunya bobotnya juga antara 900 kilogram sampai 1,2 ton,” ucapnya.

Heru menjelaskan, untuk jenis puluhan sapi yang bakal didistribusikan itu antara lain berjenis semental, limosin angus, brahman, dan peranakan ongole dari sapi Bali.

“Setpres =sudah melakukan rapat via Zoom yang dipimpin oleh Pak Deputi menyampaikan semua harus berjalan dengan baik dan tentunya dinas-dinas yang terkait di provinsi membantu juga untuk bisa terutama dalam menjaga kesehatan sapi,” tukasnya.

Komentar