Sambut Hut Polairud ke-73, Ditpolairud Polda Sulteng Gelar Bersih Pantai dan Tanam Mangrove

Ditpolairud Polda Sulteng saat melaksanakan penanaman Mangrove Sambut Hut Polairud ke-73. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Gerakan peduli lingkungan, Ditpolairud Polda Sulteng melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman bibit mangrove.


Gerakan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Polairud Polri yang dilangsungkan di Pesisir Pantai Pantoloan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (25/11/2023).


Diiringi semangat kebersamaan, TNI, Polri, Instansi Kemaritimam dan masyarakat bersinergi membersihkan sampah pantai dan dilanjutkam melakukan penanaman 2.400 bibit pohon mangrove.


Dirpolairud Polda Sulteng Kombes Pol. Bagus Setiawan turun memimpin langsung kegiatan ini dan sekaligus menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.


“Pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Palu dan Sulawesi Tengah pada umunya. Sehingga kebersihan pantai perlu diperhatikan,” kata Kombes Pol. Bagus Setiawan.

Baca Juga  Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo, Polri Kerahkan 2.627 Personel Pengamanan


Bagus Setiawan juga menyebut, Gerakan bersih pantai dan penanaman mangrove merupakan wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan.


Banyak manfaat akan kita peroleh dengan melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai selain untuk mencegah abrasi, ujarnya.


Oleh karenanya ia mengajak masyarakat pesisir pantai untuk ikut membudayakan kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. 


Bagus juga meminta masyarakat menjaga dan merawat pohon mangrove yang telah ditanam karena mangrove memberikan sumber mata pencaharian bagi komunitas lokal, seperti nelayan, petani garam, dan pengumpul kerang. Mangrove juga memiliki potensi untuk pengembangan ekowisata, yang dapat memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat setempat, pungkasnya. 

Komentar