Sering Dianggap Berkolestrol Tinggi, Ternyata Ini 5 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Lobster. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Selain memiliki cita rasa yang lezat, manfaat lobster untuk kesehatan pun sangat banyak. Kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, hanya dengan mengonsumsinya secara rutin sesuai kebutuhan.

Lobster merupakan jenis makanan laut yang banyak digemari karena cita rasanya yang manis dan gurih serta daging yang lembut. 

Lobster sering dianggap sebagai makanan berkolesterol tinggi. Tetapi makanan laut ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan karena nutrisi di dalamnya sangat beragam.

Pasalnya, lobster tidak hanya membuat imunitas tubuh semakin terjaga, tetapi juga dapat membuat kesehatan otak dan tulang meningkat.

Selain itu, lobster juga merupakan sumber omega 3, tembaga, vitamin B3, vitamin B6, dan folat. Namun, sama halnya dengan jenis seafood lain, lobster tinggi akan sodium (garam).

Baca Juga  Petugas KPPS Hingga Linmas Dapat Layanan Kesehatan dari Subsatgas Dokkes OMB Tinombala

Diketahui, dalam 100 gram lobster, terdapat sekitar 665 miligram sodium. Jumlah ini telah memenuhi sepertiga dari batas maksimal asupan garam per hari yang direkomendasikan.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (1/10/2023), berikut manfaat lobster untuk kesehatan tubuh sebagai berikut: 

Pertama, Menjaga kesehatan otak

Kandungan omega 3, khususnya DHA (docosahexaenoic acid) yang terkandung dalam lobster bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Manfaat lobster ini dapat diperoleh karena DHA merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk memelihara fungsi sel otak.

Tidak hanya itu, konsumsi makanan yang mengandung DHA juga berkaitan dengan penurunan risiko terjadinya penyakit Alzheimer di kemudian hari.

Kedua, Menurunkan risiko terkena penyakit kanker

Meski manfaat satu ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut, konsumsi lobster diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan omega 3 di dalamnya.

Baca Juga  83 Bintara Polri Resmi Dilantik, Wakapolda Sulteng: Jaga Nama Baik Keluarga dan Institusi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan kandungan EPA, DHA, dan selenium, berpotensi untuk menurunkan risiko terkena beberapa jenis penyakit kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, kolorektal, dan kanker ovarium.

Ketiga, Memelihara fungsi tiroid

Lobster mengandung dua mineral utama yang diperlukan untuk memelihara fungsi kelenjar tiroid, yaitu yodium dan selenium. Kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon yang berperan penting dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan sistem saraf, jantung, dan saluran pencernaan.

Keempat, Meningkatkan imunitas tubuh

Konsumsi lobster dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, kandungan protein yang ada di dalam lobster dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh dalam melawan penyebab penyakit. Selain protein, lobster juga mengandung zinc yang tinggi. Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel-sel imun. Kekurangan asupan zinc terkait dengan menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Baca Juga  Kabinda Papua Gugur Ditembak KKB

Kelima, Memelihara kesehatan tulang

Sebagai makanan tinggi protein, lobster bermanfaat dalam memelihara tulang agar tetap kuat dan sehat. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang mencukupi asupan protein cenderung memiliki massa tulang yang lebih padat serta memiliki risiko mengalami patah tulang dan osteoporosis yang lebih rendah.

Manfaat lobster dalam memelihara kesehatan tulang ini tidak hanya berasal dari protein, tetapi juga berkat kalsium, kalium, dan fosfor. Kalsium dan fosfor dibutuhkan untuk membangun dan menjaga tulang tetap kuat. Sementara itu, kalium berguna untuk meminimalkan terbuangnya kalsium melalui urine.

Semangat mencoba lurr, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

banner

Komentar