Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Mandi Air Laut Bagi Kesehatan Tubuh Jarang Diketahui

Ilustrasi Laut. (Foto: flickr)

Palu Ngataku – Kesehatan memang hal yang sangat berharga bagi setiap manusia. Untuk menjaga kesehatan, banyak orang sampai menghabiskan biaya mahal. Namun, tidak semua kesehatan bisa didapat dengan biaya mahal, salah satunya terapi mandi air laut.

Saat tubuh lelah, orang-orang zaman dahulu menyarankan mandi air laut. Percaya atau tidak, beberapa orang meyakini kelelahan tubuhnya berkurang.

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (1/10/2023), berkitut beberapa manfaat terapi mandi air laut bagi kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui:

1. Membersihkan Kulit 

Mandi air laut juga memiliki sifat eksfoliasi. Sel-sel kulit mati ikut terangkat ketika mandi air laut.

Selain itu kandungan mineral dan nutrisinya membantu kulit jadi lebih lembut seperti disampaikan pakar kecantikan, Shahnaz Husain.

Baca Juga  Polisi di Polres Banggai Ajari Tahanan Mengaji di Balik Jeruji Besi

2. Terapi bagi orang berjerawat

Garam memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Sehingga bagi yang memiliki masalah jerawat tepat bila secara rutin melakukan mandi air laut.

3. Mengurangi peradangan

Menurut penelitian, teratur terapi mandi air laut membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, bisa mengurangi rasa nyeri terkait penyakit arthrititis.

Peneliti Israel juga menemukan manfaat dari mandi air laut. Mereka mengungkapkan, berendam air garam bisa meredakan otot-otot yang nyeri, misalnya usai berolahraga.

4. Bikin tubuh rileks

Mandi air laut memiliki efek melepaskan stres dan bisa membuat tubuh rileks. Dan salah satu terapi yang memanfaatkan kandungan mineral, seperti yang terdapat dalam garam, disebut dengan balneoterapi.

Baca Juga  Paska insiden meninggalnya Faldi, 17 Personil Polres Parimo diperiksa 15 pucuk senpi diamankan

5. Mengurangi rasa sakit bagi penderita saraf kejepit

Ketika Anda berada di dalam air, berat badan Anda akan terasa lebih berkurang sehingga mampu mengurangi beban tubuh ketika bergerak.

Selain sebagai terapi fisik, berenang juga mampu menguatkan otot tulang belakang serta menguatkan bantalan yang cedera. 

Berenang tidak menyebabkan bantalan yang cedera terkena benturan ataupun tekanan sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat saraf terjepit.

6. Baik untuk penderita Jantung, Stroke, Asam Urat, Vertigo dan penyakit lainnya

Dilansir dari Universitas Quantum Abi Nana Cheka Sev. Katanya, dengan melakukan terapi pantai akan banyak manfaat yang diperoleh terutama dalam hal kesehatan holistik. 

Selain itu, orang dengan kesehatan mental yang terganggu pun bisa merasakan manfaat dari terapi pantai.

Baca Juga  Tinjau Lokasi IKN, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

Menurut peneliti, terapi di pantai sangat banyak manfaatnya, yakni untuk kesehatan fisik mulai dari keluhan jantung, stroke, asam urat, vertigo dan masih banyak penyakit lainnya.” Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kandungan garam yang ada di dalam air laut ternyata sangat baik untuk saraf motorik di tubuh manusia.

banner

Komentar