UPT PSDA I Cikasda Sulteng Pasang Patok Sempadan di 15 Irigasi

Operasi dan pemeliharaan jaringan Irigasi UPT PSDA Wilayah I. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan pematokan garis sempadan jaringan irigasi dilingkup kewenangan UPT PSDA Wilayah I, kegiatan tersebut merupakan operasi dan pemeliharaan jaringan Irigasi UPT PSDA Wilayah I, Kamis (9/2/23).


Kepala UPT PSDA Wilayah I, Diyah Puspa Kirana, ST, M.PW. mengatakan, pematokan ini harus segera dilaksanakan karena keberadaan sempadan telah banyak terganggu akibat aktifitas kegiatan masyarakat, ucapnya.


Dengan adanya rumah dan bangunan yang telah masuk dalam batas garis sempadan serta aktifitas pertanian yang mengambil area sempadan dan ini berakibat terganggunya kegiatan petugas O & P saat penelusuran jaringan maupun kegiatan rehabilitasi serta pemeliharaan jaringan irigasi, sambungnya.

Baca Juga  Penerapan Pasal Berlapis, Panji Gumilang Terancam 10 Tahun Penjara


“Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada 15 (lima belas) daerah irigasi yang terdapat pada 5 (lima) kabupaten, yaitu : Sigi, Donggala, Tolitoli, Buol dan Parigi Moutong serta akan dilaksanakan secara bertahap sampai  semua jaringan irigasi telah dipatok batas sempadannya,” tambahnya.


Diyah menuturkan, pematokan ini melibatkan stakeholder dan masyarakat yang tinggal disepanjang jaringan irigasi, baik dari tahap sosialisasi sampai dengan tahap pematokan sempadan, bebernya.


Diyah berharap, semoga dengan adanya pematokan garis sempadan, jaringan irigasi dapat terjaga dengan baik dan pelanggaran terhadap batas garis sempadan tidak terulang kembali dimasa mendatang, pungkasnya.


Sumber: UPT PSDA Wilayah I | Kegiatan OP | Dimas Budi Santoso

Editor: Irfan Jo

banner

Komentar