73 Personel Polres Morowali Utara di Libatkan Ops Keselamatan Tinombala 2023

Kabag Ops Polres Morowali Utara Kompol I.N Raka Arya Wiyasa S.H. memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan yang dihadiri langsung oleh Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis J. Hehi Mars. (Foto:Istimewa)

Palu Ngataku – Polres Morowali Utara laksanakan apel gelar pasukan Ops Keselamatan Tinombala 2023 bertempat di halaman Apel Polres Morowali Utara, dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas yang pertama dan utama,” selasa (7/2/23).

Kapolres Morowali Utara diwakili oleh Kabagops Polres Morowali Utara Kompol I.N Raka Arya Wiyasa S.H. memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan yang dihadiri langsung oleh Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis J. Hehi Mars.

Dalam amanat Kapolda Sulteng, Kompol Raka mengatakan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya, merupakan suatu hal yang mutlak di rasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya.

Baca Juga  Gubernur Sulteng Belasungkawa Tiga Guru Ponpes Gontor Laka Bus Masuk Jurang di Kebun Kopi

Namun pada kenyataannya berbagai permasalahan pelanggaran dan kecelakaan sering terjadi yang disebabkan oleh kelalaian masyarakat itu sendiri.

Pelanggaran dan kecelakaan ini terjadi di karenakan masih rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum perundang-undangan terkait lalulintas, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis.” terangnya

Untuk menjawab tantangan tugas tersebut, maka polantas terus melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus mendorong inovasi pelayanan publik yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangun budaya tertib,“ jelasnya.

Dalam amanatnya Kapolda Sulawesi Tengah menyampaikan beberapa penekanan diantaranya :

1. Laksanakan kegiatan ini dengan tulus dan ikhlas serta sebagai ladang amal dan ibadah;

Baca Juga  315 Calon Bintara Polri dan 10 Catar Akpol Lulus Terpilih Seleksi Panda Sulteng

2. Laksanakan deteksi dini, aksi dan intervensi dini terhadap seluruh potensi kerawanan terkait kamseltibcarlantas;

3. Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka dan pelanggaran lalu lintas;

4. Laksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan etle statis dan mobile serta blanko teguran

5. Laksanakan kegiatan edukasi kamseltibcar lantas kepada masyarakat secara intens khususnya kepada kaum milenial sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas;

6. Jangan melakukan pungli atau kkn dan hindari tindakan yang dapat menimbulkan komplain dari masyarakat;

7. Tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas guna mengantisipasi adanya teror dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk diketahui bahwa Operasi Keselamatan Tinombala 2023, dilaksanakan secara serentak di wilayah hukum Polres Morowali Utara dalam rangka cipta kondisi kamselticarlantas menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023.

Baca Juga  Jadi Khatib Shalat Ied, Walikota Palu : Siapkan Hidup Kita Sebagai Bekal Kematian

Opersi di gelar selama 14 hari, terhitung mulai 7 Februari sampai dengan tanggal 20 Februari 2023, dengan melibatkan sebanyak 73 personel yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis guna meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, tutupnya.

Penulis: Freya

Editor: Irfan Jo

banner

Komentar