Ciptakan SDM Unggul di Era Police 4.0, Polda Sulteng Gelar Rakorbin SDM dan PNS T.A 2023

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho saat menghadiri Rakorbin SDM dan PNS Polda Sulteng. (Foto: Prsta/Palu Ngataku)

Palu Ngataku – Mewujudkan postur Polri yang presisi dalam rangka menciptakan organisasi yang memiliki SDM unggul di era Police 4.0 (four point o), Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan SDM dan PNS Polda Sulteng tahun anggaran (TA) 2023 di Sriti Convention Hall, Palu, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan Rakorbin SDM dan PNS sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan DIPA dan penandatanganan pakta integritas satker jajaran Polda Sulteng tahun anggaran 2024 untuk mewujudkan organisasi yang memiliki kapabilitas dalam mengelola anggaran sacara tepat, transparansi dan akuntabel.

Dalam sambutan pembukaan, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH mengutip arahan Presiden RI pada acara HUT Bhayangkara ke 77 tahun 2023.

Baca Juga  Peringati Hardiknas, 100.000 Remaja Putri se-Sulteng Minum Tablet Tambah Darah

“Bapak Presiden RI mengingatkan kepada Polri untuk memiliki kesigapan, kecepatan, penguasaan teknologi dan inovasi, serta komunikasi publik yang baik,” kata Kapolda Sulteng.

Selain itu Presiden juga meminta agar Polri terus menjaga kualitas SDM sejak dari rekruitmen, memperbaiki sistem promosi, memperketat sistem pengawasan dan memperkuat pendisiplinan personel Polri, ujarnya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan rakorbin SDM dan PNS adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan tugas SDM selama tahun 2023 agar kegiatan fungsi SDM pada tahun berikutnya dapat berjalan lebih efektif dan efisien. 

“Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh personel yang mengikuti rakorbin SDM dan PNS tahun 2023 dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini sebagai sarana untuk mengkaji berbagai kekurangan dan permasalahan dalam pelaksanaan program pada tahun 2023 sehingga dapat memperoleh capaian kinerja yang lebih optimal pada tahun berikutnya,” pinta Irjen Pol. Agus Nugroho.

Baca Juga  Cerita Dibalik Keindahan Destinasi Wisata Alam Gunung Cijalu

Kepada pengemban fungsi SDM Polda sulteng, Kapolda Sulteng berpesan :

Pertama, Laksanakan pelatihan-pelatihan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas sdm polda sulteng guna menghadapi pengamanan pemilu 2024;

Kedua, Minimalisir segala bentuk penyimpangan dan stress anggota dengan mengimplementasikan revitalisasi sistem binrohtal dan psikologi serta peningkatan kesejahteraan anggota polri;

Ketiga, Maksimalkan penggunaan dan pengembangan assessment center dalam rangka menempatkan personel dengan memperhatikan kompetensi, rekam jejak dan penilaian kinerja yang obyektif, transparan serta akuntabel;

Keempat, Terakhir kepada seluruh personil Polda Sulteng, dalam menghadapi tahun politik ini saya berharap agar kiranya kita semua senantiasa menjunjung tinggi netralitas polri sebagai alat negara yang bertugas mengamankan seluruh tahapan pemilu 2024. 

Baca Juga  Wooww! Timnas Argentina Siap Hadapi Indonesia di Jakarta, Catat Jadwalnya!

“Mari kita pegang teguh amanat UU nomor 2 tahun 2002 khususnya pasal 28, Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan kegiatan politik praktis“ pesannya.

Hindari sikap, ucapan maupun tindakan yang terkesan adanya keberpihakan kepada paslon ataupun partai politik tertentu, karena hal tersebut bertentangan dengan regulasi yang ada, tutup Kapolda Sulteng.

Rakorbin SDM dan PNS tahun 2023 yang dirangkaiakan penyerahan DIPA tahun 2024 serta penandatanganan pakta integritas dihadiri Wakpolda Sulteng, Irwasda, pejabat utama Polda Sulteng, Kapolres dan Kapolresta jajaran, pengemban fungsi SDM Satker Polda dan Polres dan pengawas eksternal.

Komentar