Dahsyat, Dalam 30 Menit Gula Darah Turun dengan Minum ini!

Teh kayu manis. (Foto: Istimewa/Palu Ngataku)

Palu Ngataku – Kadar gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko komplikasi serius. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi minuman tertentu, seperti teh kayu manis.

Seperti dilansir dari laman Express, Selasa (18/7/2023), teh kayu manis memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Bahkan, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Research menemukan bahwa teh kayu manis dapat menurunkan gula darah postprandial dalam waktu 30 menit. Gula darah postprandial dianggap sebagai faktor penting dalam pengendalian gula darah.

Peneliti mengamati 30 orang dewasa non-diabetes berusia antara 20 hingga 53 tahun untuk menyelidiki apakah teh kayu manis berdampak pada pengukuran gula darah.

Baca Juga  Hadiri Senior Level Meeting, Kapolri Tekankan Densus 88 Kembangkan Kemampuan Hadapi Tantangan

Relawan secara acak dialokasikan ke dalam dua kelompok. Salah satunya adalah kelompok kontrol sementara yang lain menikmati minuman panas yang manis. Selain itu, para peserta diminta untuk tidak menelan kayu manis sehari sebelum intervensi.

Kemudian sampel darah dikumpulkan untuk setiap peserta pada 30 menit, 60 menit, 90 menit, dan 120 menit pada kelompok kontrol dan kayu manis. Temuan menunjukkan bubuk kayu manis menghasilkan penurunan signifikan kadar gula darah postprandial 30 menit setelah dikonsumsi.

Sementara penelitian ini hanya berfokus pada orang tanpa diabetes, penelitian lain juga memperhatikan hubungan yang menjanjikan antara kayu manis dan kadar gula darah. Misalnya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Biochemistry and Biophysics juga menyoroti manfaat ini.

Baca Juga  Tinjau Pasar Minggu, Kapolri Pastikan Stok Minyak Curah untuk Warga Aman

Studi yang dirilis pada 2007 menemukan bahwa menikmati enam gram kayu manis dengan satu porsi puding beras memperlambat pengosongan perut dan menurunkan kadar gula darah. Terlebih lagi, penelitian menyimpulkan bahwa kayu manis meningkatkan profil glukosa dan lipid penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, tinjauan terhadap 10 percobaan dalam jurnal Annals of Family Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis setiap hari secara signifikan menurunkan kadar gula darah dalam waktu sekitar empat hingga 18 minggu. Penelitian ini juga mengamati orang-orang yang menderita diabetes. 

banner

Komentar