Ditlantas Polda Sulteng Terapkan Arsip Digital Dokumen Kendaraan

Operator arsip digital. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng kini telah menerapkan arsip digital untuk kendaraan bermotor serta dapat memberikan kemudahan terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Kingkin Winisuda,S.H.,S.I.K melalui kepala seksi BPKB Kompol Adirawa Permana, S.I.K menjelaskan Arsip digital adalah sebuah sistem yang hadir untuk menjamin keamanan dokumen kendaraan bermotor dalam format elektronik dan saat ini telah di terapkan oleh pelayanan BPKB, ungkapnya di Palu, Kamis 26 Januari 2023.

Hal ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat akan layanan online yang menuntut pelayanan cepat, akurat, informatif sehingga Korlantas Polri membuat sebuah sistem pengarsipan secara digital untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, ujar Kompol Adirawa.

Baca Juga  10 Bintara Polri Lulusan SPN Polda Sulteng Ditempatkan di Ibu Kota Negara

Dirinya juga mengungkapkan pengarsipan data kendaraan bermotor secara manual selama ini memiliki kekurangan diantaranya jumlah arsip tiap tahun bertambah ruangan yang tersedia tidak mampu menampung, kesulitan untuk mencari arsip, serta rentan mengalami kerusakan karena lembab atau di makan rayap.

Pengarsipan secara digital ini dilakukan sebagai langkah antisipasi hilangnya data pemilik kendaraan yang disebabkan oleh kebakaran maupun bencana alam, tutupnya.

Penulis: S.Lestari

Editor: Irfan Jo

Komentar