Jokowi Minta Jajarannya Segera Tangani Masalah Kelaparan di Papua Akibat Cuaca Ekstrem

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan usai meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta. (Foto: BPMI Setpres)

Palu Ngataku – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penanganan secepatnya terhadap masalah kelaparan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir di wilayah Papua Tengah.


Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Negara dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta, pada Senin (31/7/2023).

“Saya sudah perintahkan kepada Menko PMK, Menteri Sosial, BNPB, dan juga di daerah Papua untuk segera menangani secepat-cepatnya,” ujar Presiden dikutip dari laman Setneg.

Menurut Presiden, masalah kelaparan tersebut dipicu oleh beberapa hal, utamanya adalah cuaca ekstrem. Dalam kondisi cuaca ekstrem, tanaman tidak bisa tumbuh di daerah tersebut sehingga masyarakat kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan.

Baca Juga  Kejati Sulteng Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Stadion Banggai Laut

“Tapi problemnya supaya tahu, itu adalah daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh. Di ketinggian yang sangat tinggi distrik itu,” terangnya.

Selain itu, faktor keamanan juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan pengiriman bantuan tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Presiden turut menginstruksikan jajaran TNI untuk membantu mengawal pengiriman bantuan tersebut.

“Di sana memang problemnya selalu seperti itu, medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya enggak berani sehingga problem itu yang terjadi,” tukasnya.

Komentar