Kapolda Sulteng: Polda Sulteng Siap Perkuat Sinergitas Dengan Seluruh Penyelenggara Pemilu 2024

Kapolda Sulteng (kiri) bersama Ketua Bawaslu Sulteng (kanan). (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi didampingi Karo Ops dan Dirreskrimum Polda Sulteng menerima silaturahmi Ketua Bawaslu Sulteng di ruang kerjanya di Polda Sulteng, Rabu (15/2/23).

Kunjungan silaturahmi Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin, SH, MH didampingi Anggota Bawaslu, selain untuk memperkenalkan diri sekaligus untuk mendapatkan dukungan dari Kepolisian dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang tahapannya telah dimulai.

“Kunjungan kami dengan Kapolda Sulteng dalam rangka silaturahmi dan sekaligus memperkenalkan Anggota Bawaslu Sulteng,” ungkap Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin, SH, MH.

Dalam kesempatan tersebut Jamrin juga memberikan apresiasi kepada Kapolda Sulteng dan Satgas Madago Raya yang berhasil menuntaskan sisa DPO kelompok MIT Poso sehingga situasi relatif kondusif di Sulteng terkhusus di Kabupaten Poso.

Baca Juga  7 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik Edisi Maret 2023, Cocok Buat Kamu yang Hobi Fotografi!

Dengan situasi yang relatif aman dan kondusif tersebut sangat membantu Petugas Pengawas Lapangan (PPL) kami khususnya yang bertugas di Kabupaten Poso yang saat ini melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pemilu 2024, ujarnya.

Gakkumdu dalam rangka Pemilu 2024, kata Ketua Bawaslu itu juga dilaporkan kepada Kapolda Sulteng.

“Keberadaan Gakkumdu juga kami laporkan kepada Kapolda Sulteng. Gakkumdu telah terbentuk dan siap melakukan penegakkan hukum apabila ada pelanggaran Pemilu.” tegasnya.

Permasalahan Indek Kerawanan Pemilu (IKP) turut menjadi pembahasan Kapolda Sulteng dengan Bawaslu termasuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) diwilayah perbatasan antar Kabupaten dan Provinsi, sebut Jamrin.

Ia juga berharap, dukungan pengamanan dari Kepolisian dalam menghadapi tahapan Pemilu yang berpotensi mengajukan gugatan ke Bawaslu.

Baca Juga 

Sementara itu, Kapolda Sulteng Irjen Polisi Rudy Sufahriadi mengapresiasi kunjungan Bawaslu Sulawesi Tengah selaku penyelenggara Pemilu 2024.

Bahkan Kapolda Sulteng siap memberikan dukungan kepada Bawaslu Sulteng baik dalam bersama-sama melakukan penegakkan hukum Pemilu 2024 melalui Gakkumdu dan memberikan dukungan pengamanan rangkaian tahapan Pemilu 2024.

Pada dasarnya Polda Sulteng akan memperkuat sinergitas dengan seluruh penyelenggara Pemilu 2024 agar tercipta penyelenggaraan Pemilu 2024 yang jujur, adil dan bermartabat serta terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif.

Penulis: Sules

Editor: Irfan Jo

Komentar