Pertama di Indonesia, Kapolda Sulut Luncurkan E-SPN Polda Sulut

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Sulut), Irjen. Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H, M.H., meluncurkan aplikasi E-SPN Polda Sulut. (Foto: Antara/Palu Ngataku)

Palu Ngataku – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Sulut), Irjen. Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H, M.H., meluncurkan aplikasi E-SPN Polda Sulut, yang merupakan aplikasi pertama di jajaran Sekolah Polisi Negara (SPN) se-Indonesia.


“Ini sebagai hadiah untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023. SPN Polda Sulut hari ini melakukan peluncuran aplikasi E-SPN Polda Sulut,” ujarnya, seperti yang dilansir Antaranews, Rabu (31/5/23).

Jenderal bintang dua tersebut mengungkapkan aplikasi ini sebagai salah satu upaya untuk menjalin komunikasi antara orang tua/wali dengan pihak SPN Polda Sulut, juga dengan peserta didik atau siswa yang sedang menjalani pendidikan pembentukan bintara Polri.

Baca Juga  Polda Sulteng Ungkap 4 Pelaku Prostitusi Yang Melibatkan Anak Dibawah Umur

“Terdapat beberapa fitur yang bermanfaat, yang bisa untuk mengetahui aktivitas, nilai, dan kegiatan para siswa. Sehingga orang tua bisa memahami dan mengetahui sudah sejauh mana hasil kegiatan pendidikan di SPN Polda Sulut,” ujarnya.

Akpol lulusan 1989 ini berharap dengan peluncuran aplikasi ini, manfaatnya bisa dirasakan oleh para siswa, orang tua, dan staf SPN Polda Sulut.

“Saya berharap nanti mungkin masih ada evaluasi, saran, dan masukan yang disampaikan oleh orang tua, sebagai perbaikan dan peningkatan. Sehingga manfaat aplikasi ini betul-betul berguna,” ungkapnya.

Irjen. Pol. Drs. Setyo Budiyanto, berharap aplikasi E-SPN Polda Sulut ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk diterapkan SPN lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Sempat Lari ke Sultra, Warga Taliabo Diringkus Tim Resmob Tompotika Terkait Penipuan

“Harapan saya setelah diluncurkan bisa dilaporkan ke Lemdiklat Polri dan Mabes Polri. Dan mudah-mudahan ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk SPN lainnya di Indonesia,” jelasnya.

Kepala SPN Polda Sulut, Kombes. Pol. Sucahyo Hadi, S.I.K., M.H., menjelaskan, terdapat sejumlah fitur dalam aplikasi E-SPN Polda Sulut ini, di antaranya fitur konsultasi, nilai siswa, perpustakaan online, pengasuh, mata pelajaran, kesehatan, dan lainnya.

“Yang paling penting adalah melalui aplikasi ini para orang tua siswa dapat melihat langsung perkembangan putranya yang mengikuti pendidikan di SPN Polda Sulut. Khususnya terkait dengan perkembangan nilai, sebagai pedoman akhir untuk dilantik layak sesuai standar penilaian atau tidak,” tegasnya.

Ka SPN menambahkan peluncuran aplikasi E-SPN Polda Sulut ini, sebagai upaya untuk membuka komunikasi dengan para orang tua siswa.

Baca Juga  Gubernur Resmi Lantik Ratusan Pejabat Lingkup Pemprov Sulteng

“Karena selama ini komunikasi dengan orang tua ada keterbatasan maka melalui teknologi ini, kami mencoba untuk tidak ada batasan, sehingga orang tua bisa melihat perkembangan putranya selama mengikuti pendidikan dan mampu memberikan support,” ujarnya.

banner

Komentar