Berikut Agenda Hari Kedua Kunjungan Presiden Jokowi di Sulteng

Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) selama dua hari di Sulawesi Tengah (Sulteng), pada tanggal 26 hingga 27 Maret 2024. 

Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda rutin Jokowi untuk meninjau langsung pembangunan infrastruktur dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Hari Pertama

Pada hari pertama kunkernya, Jokowi tiba di Bandara Sultan Amiruddin Amir, Luwuk, Banggai, Selasa (26/3/2023) sekitar pukul 10.35 Wita. Ia kemudian langsung menuju Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Bangkep, Jokowi meresmikan ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD) mencakup pembangunan 15 ruas jalan dengan panjang total 147 kilometer dan biaya Rp330 miliar yang tersebar di sembilan kabupaten/kota. Jalan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat di wilayah tersebut.

Baca Juga  10 Link Twibbon Marhaban ya Ramadan untuk Sambut Bulan Puasa 2023

Jokowi juga meninjau Pasar Salakan dan berdialog dengan para pedagang. Ia menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian pasar agar dapat menarik minat pembeli.

Setelah itu, Presiden Jokowi kembali ke Kabupaten Banggai dan melanjutkan perjalanan menuju kota Palu untuk meresmikan 4 bandara terletak di pulau Sulawesi yaitu:

* Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu

* Bandara Prins Mandapar Banggai Laut

* Bandara Taman Bung Karno – Siau

* Bandara Bolaang Mongondow

Peresmian bandara-bandara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di Sulteng dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Selanjutnya, setelah berbuka puasa Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju mengunjungi Palu Grand Mall (PGM) di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda Jokowi untuk meninjau langsung kondisi ekonomi dan perkembangan pembangunan di Sulteng pascagempa bumi dan tsunami 2018.

Baca Juga  Jelang Ramadan, Kapolri Kejar Target Akselerasi Vaksinasi Booster

Berikut Agenda Presiden Jokowi di Hari Kedua

Berdasarkan data yang dihimpun palungataku.com, pada hari kedua kunker di Sulteng Presiden Jokowi akan menuju Pelabuhan Wani untuk meresmikan proyek pembangunan KSOP Teluk Palu yang terdiri dari 3 pelabuhan, yaitu:

* Pelabuhan Wani 

* Pelabuhan Pantoloan

* Pelabuhan Gonenggati

Selanjutnya, Presiden Jokowi kemudian meninjau rehabilitasi dan rekonstruksi D.I Gumbasa di Kabupaten Sigi. 

Terakhir, Jokowi mengunjungi RSUD Mokopido dan Gudang Bulog di Kabupaten Toli-Toli. Ia menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) kepada masyarakat dan meninjau pelayanan kesehatan di RSUD Mokopido.

Dengan adanya kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Sulteng diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah tersebut, terutama dalam hal peningkatan infrastruktur, konektivitas, dan ekonomi.

Baca Juga  Pimpinan Ponpes Darul Mukhlasin Dukung Polri Ciptakaan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Parimo

Komentar