Mudah dan Murah, Inilah 5 Bahan Alami Ampuh Atasi Asam Urat

Obat herbal ini bisa menjadi alternatif dan mudah ditemukan. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku – Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan nyeri, bengkak, kemerahan, yang tiba-tiba dan parah pada satu atau lebih sendi.


Selain mengonsumsi obat, kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan bahan-bahan alami atau herbal. Obat herbal ini bisa menjadi alternatif dan mudah ditemukan.

Seperti dilansir dari laman Health Line, Rabu (2/8/2023), berikut sejumlah bahan herbal alami penurun asam urat:

1. Jahe
Sebuah studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia, kadar asam urat mereka berkurang dengan jahe.

Baca Juga  Polda Sulteng : Gunakan jasa pinjol, chek legalitasnya melalui OJK Sulteng

2. Kembang Sepatu
Kembang sepatu merupakan obat herbal yang telah digunakan sejak lama, salah satunya adalah asam urat. Satu studi menunjukkan bahwa kembang sepatu menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus.

3. Pisang
Pisang dianggap baik untuk asam urat. Buah ini kaya kalium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Pisang juga mengandung gula, termasuk fruktosa, yang bisa menjadi pemicu asam urat.

4. Jelatang
Jelatang adalah obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Satu studi menunjukkan jelatang melindungi ginjal, tetapi subjeknya adalah kelinci jantan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi teh jelatang dan minum tiga cangkir per hari. 7. Seledri

Baca Juga  37 Siswa SIP 52 Laksanakan Latnis dan Latja di Wilayah Hukum Polda Sulteng

5. Cuka Sari Apel, Lemon, dan Kunyit
Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk asam urat. Campur jus dari satu setengah lemon yang diperas ke dalam air hangat.

Campurkan dengan dua sendok teh kunyit, dan satu sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minumlah dua hingga tiga kali per hari.

Komentar